Minggu, 06 November 2011

Jam Pasir

Selamat siang, selamat hari raya idul adha 1432 H bagi yang merayakan :) 

Kali ini saya akan memaparkan langkah-langkah membuat jam pasir sederhana. Ternyata membuat jam pasir tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Mari kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, yuk!

               Bahan:                                                Alat:        
                    1. Karton                                                            1. Pelubang
                    2. 2 toples kaca                                                  2. Selotip
                    3. Lem
                    4. Pasir atau garam kering 

Cara Membuat:



1. Dengan hati-hati potonglah dua piringan dari karton. Buatlah lubang kecil di tengah setiap piringan. Potong dan buanglah bagian piringan seperti gambar yang ditunjukkan di samping.







2. Gulunglah sisa karton hingga membentuk corong. Corong harus tepat masuk ke dalam toples, dan kemudian di selotip. Lihat gambar di samping.







3. Rekatkan tutup kedua toples menjadi satu. Setelah kering lubangilah tutup toples tersebut tepat di bagian tengah. Cobalah dahulu ukuran lubang ntuk memeriksa seberapa cepat jatuhnya pasir. Jatuhnya jangan terlalu cepat. Jika menggunakan garam, garam harus selalu dalam keadaan kering agar tidak menyumbat lubang.






4. Rekatkan coron ke tutup toples hingga ujungnya yang sempit melingkari lubang pada tutup. Hati-hati jangan sampai mulut lebar corong itu penyok, supaya pasir tidak menyusup lewat tepi corong. 






5. Ukurlah banyaknya pasir yang akan kamu gunakan dan masukkan ke dalam salah satu toples. Pasanglah toples pada tutupnya dan jam pasirmu kini siap digunakan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar